Tentang Kami

LATAR BELAKANG

Antara 1990 dan 2010, Indonesia kehilangan 20% hutan alam, dan proses deforestasi berlanjut hingga hari ini. Selain berkontribusi terhadap perubahan iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati, lebih dari 25.000 desa yang terletak di dalam dan sekitar hutan Indonesia juga terancam. Berdasarkan laporan Oxfam Novib, terdapat lebih dari 7.000 konflik lahan aktif, terutama yang terkait dengan pengembangan sektor swasta. Padahal, sangat sedikit Social Specialist yang memiliki kemampuan membantu menyelesaikan konflik lahan ini.

Latar Belakang

  • CSE memandang perlunya merespon keadaan yang mendesak ini dengan memfasilitasi lahirnya para Social Specialist yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk mentransformasikan dan memfasilitasi penanganan dan penyelesaian konk dalam pengelolaan Sumber Daya Alam dalam kerangka penghormatan terhadap hak-hak adat dan masyarakat lokal atas Sumber Daya Alam.
  • CSE akan melakukan berbagai inisiatif peningkatan kapasitas bagi para pihak seperti swasta, masyarakat sipil, pemerintah, LSM/Ormas, akademisi dan fresh graduate. Melalaui inisiatif ini, CSE berharap juga bisa memfasilitasi lahirnya jaringan Social Speacialist yang terlatih untuk membantu menyelesaikan konik dan menciptakan sinergi dan kerjasama kemitraan antara swasta, masyarakat dan para pihak lainnya dalam mengelola dan melindungi Sumber Daya Alam di Indonesia.

Apa Itu CSE Indonesia

  • CSE Indonesia adalah sebuah inisiatif dari The Forest Trust (TFT) yang memfasilitasi proses belajar dan penyediaan Sumber Daya bagi peningkatan kapasitas para Stakeholder Sumber Daya Alam (SDA) seperti: Perusahaan (swasta), Masyarakat, LSM, Masyarakat Adat, Organisasi Kemasyarakatan, Pemerintah, Akademisi dan Fresh Graduate.
  • Peningkatan kapasitas yang didukung dan dilakukan oleh CSE fokus pada manajemen aspek-aspek sosial dalam konteks pengelolaan SDA di Indonesia. Dalam hal ini, CSE mendorong terwujudnya sebuah sistem yang memungkinkan terwujudnya pengelolaan Sumber Daya Sosial yang bertanggungjawab (Responsible Management of Social Resources) di dalam setiap aspek rantai pasok (supply chain) yang dijalankan.
  • Melalui berbagai inisiatif yang beragam, CSE akan membekali para stakeholder SDA dengan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran yang memungkinkan mereka bisa saling bekerjasama dan membangun kemitraan demi terwujudnya sistem pengelolaan SDA yang lestari.

MISI & VISI

VISI

  • CSE Indonesia menjadi lembaga terdepan di tingkat nasional yang menyediakan pendidikan dan peningkatan kapasitas dalam pengelolaan Sumber Daya Sosial yang bertanggungjawab di Indonesia.

MISI

  • Menciptakan solusi-solusi inovatif atas kompleksitas persoalan Sumber Daya Alam di Indonesia.
  • Menyediakan dan melaksanakan berbagai inisiatif peningkatan kapasitas terkait aspek-aspek sosial pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA).
  • Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan berbagai stakeholder dalam mendesain dan mengembangkan kurikulum dan metodologi pendidikan dan pelatihan yang inovatif.
  • Membangun Sistem Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management System) tentang isu-isu, prioritas, dan strategi pengelolaan Sumber Daya Sosial.
  • Mempromosikan pengelolaan Sumber Daya Sosial yang bertanggungjawab melalui publikasi, penelitian dan program-program penjangkauan (Outreach).

Tujuan Perubahan

  • Lahirnya para Social Specialist yang mampu melakukan transformasi menuju keadilan sosial.
  • Meningkatnya kapasitas para stakeholder SDA, pengetahuan, dan perspektif atas isu-isu dan tantangan dalam pengelolaan aspek sosial Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia.
  • Meningkatnya komitmen dan Janji (Pledge) para Stakeholder SDA dalam mendukung pengelolaan Sumber Daya Sosial yang bertanggung jawab.
  • Para Stakeholder SDA lebih percaya diri dan berperan aktif dalam mengelola dan menyelesaikan konik dengan pendekatan kerjasama (kolaborasi), dialog dan non- kekerasan.
  • Para Stakeholder SDA lebih kooperatif dalam melakukan inisiatif/program berbasis keadilan sosial.
  • Menyebarluaskan dan mengarusutamakan nilai- nilai dan model perubahan TFT Value- Transparancy-Transformation-Verication (VT-TV)" kedalam pengelolaan bisnis dan SDA yang bertanggungjawab (Responsible business practices and natural resources management).

PROGRAM

Pelatihan

  • CSE secara berkala menyelenggarakan berbagai pelatihan yang fokus untuk membekali para stakeholder SDA dengan wawasan dan keterampilan menangani persoalan-persoalan sosial yang muncul sebagai dampak dari pemanfaatan dan pengelolaan SDA. Pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan terdiri dari pelatihan singkat dalam hitungan hari, hingga pelatihan intensif yang berdurasi panjang dalam hitungan bulan.

Kampanye dan Publikasi

  • CSE juga berperan aktif dalam mempromosikan pentingnya pengelolaan SDA yang berkelanjutan melalui berbagai media kampanye dan publikasi seperti; Buku, Media Sosial, Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Audio Visual, dan sebagainya.

Pendidikan

  • CSE berkolaborasi dengan banyak pihak untuk bisa mewujudkan target jangka panjang mendirikan lembaga pendidikan formal yang menawarkan Program Magister (S2), dan Program Doktor (S3).

Kajian dan Penelitian

  • CSE melakukan berbagai inisiatif kajian dan penelitian untuk menemukan pembelajaran, inovasi kreatif, dan solusi- solusi alternatif guna mendukung upaya-upaya mewujudkan pengelolaan SDA yang berkelanjutan. Selanjutnya, CSE akan mendokumentasikan hasil- hasil kajian dan penelitian tersebut dan membuat sistem pengelolaan pengetahuan yang memungkinkan masyarakat luas untuk mengaksesnya.